Dimusim lalu, banyak pihak yang cukup menyayangkan keputusan Maverick Vinales untuk hengkang dari Yamaha dan pindah ke Aprilia. Wajar memang, karena saat itu Aprilia memang bukanlah tim besar yang cukup diperhitungkan. Vinales bahkan harus puas mengantongi gaji yang jauh lebih kecil ketimbang yang ia dapat saat masih membela tim Monster energy Yamaha dulu. Hal yang juga membuat Andrea Dovizioso lebih memilih tim Satelit Yamaha ketimbang bergabung dengan Aprilia. Karena saat itu, Yamaha memang jauh lebih kompetitif ketimbang Aprilia. Meski Aprilia sebetulnya merupakan tim pabrikan yang masih mempunyai banyak “privilege” sebagai satu-satunya tim konsesi di MotoGP 2022.
Namun, siapa yang menyangka jika dimusim ini Aprilia lah yang justru tengah berjibaku untuk memperebutkan gelar juara dunia? Yap, hanya terpaut 21 poin dari Fabio Quartararo, Aleix Espargaro menempati posisi ke-2 diklasemen sementara.
Dan yang cukup mengejutkan, Maverick Vinales yang tampil kompetitif di MotoGP Assen akhirnya berhasil meraih podium pertamanya bersama Aprilia. Dan sebaliknya, para rider dari tim yang pernah dibelanya dulu, justru DNF dan hanya menyisakan Andrea Dovizioso seorang yang finish di posisi 16. Sebuah pencapaian yang cukup fantastis, mengingat Vinales pun sebetulnya masih tengah beradaptasi dengan mesin V-4. Seperti Andrea Dovizioso yang juga masih beradaptasi dengan mesin Inline-4. Yang mungkin juga, akhirnya menyesal karena sempet menolak pinangan manis Aprilia dimusim lalu. Karena jika tahu kalau Aprilia akan se-kompetitif ini, Dovi pun kemungkinan besar akan lebih memilih Aprilia ketimbang tim satelit Yamaha.
Pisah dengan Yamaha, RNF Racing pindah ke Aprilia
Hal lain yang tak kalah mengejutkan adalah pindahnya tim satelit Yamaha ke Aprilia di musim 2023 mendatang. Yap, RNF telah resmi berpisah dengan Yamaha untuk menjadi tim satelit Aprilia dimusim mendatang. Dimana kemungkinan besar, peran Andrea Dovizioso dan Darryn Binder pun akan turut digantikan. Mengingat ada 2 rider lain yang kini available di market MotoGP untuk musim 2023, menyusul keputusan mengejutkan dari Suzuki untuk hengkang dari kejuaraan MotoGP di musim mendatang.
Joan Mir sendiri, kemungkinan besar akan bergabung dengan tim Repsol Honda. Namun Alex Rins bisa jadi akan menandatangani kontrak dengan tim RNF. Dan berpasangan dengan Raul Fernandez, yang musim lalu sebetulnya sempat diincar oleh tim RNF. Mengingat hubungan Fernandez dan KTM beberapa waktu terakhir memang cukup renggang. Namun siapapun pembalapnya. Untuk pertama kalinya, kita akan menyaksikan Aprilia turun dengan 4 motor di musim depan. Dan untuk pertama kalinya pula, kita akan melihat Yamaha turun hanya dengan 2 motor.
Karena meskipun sempat ada gosip yang berhembus, jika keluarnya RNF dapat menjadi jalan masuk bagi tim Mooney VR46 untuk merapat ke Yamaha. Namun secara statistik hal ini agaknya mustahil untuk terjadi dimusim depan. Terlebih setelah podium pertama mereka di MotoGP Assen. Karena dibanding Yamaha, tentu Ducati masih jauh lebih kompetitif. Meski apapun mungkin terjadi di musim depan, mengingat kedekatan Yamaha dan Valentino Rossi memang telah terjalin cukup lama. Bahkan andaikata musim lalu RNF hengkang lebih cepat, kemungkinan besar Rossi pun akan memilih Yamaha sebagai tempat berlabuh bagi timnya.
Aprilia musim depan…
Kembali ke Aprilia, kita tentu masih ingat bahwa dimusim 2020 lalu, KTM tampil cukup memukau sebagai tim pabrikan yang masih memiliki “privilege” sebagai tim konsesi. Namun ketika status ini dicabut musim lalu, KTM kembali menjadi tim yang hanya mampu bersaing di peringkat 10 besar. Meski para rider-nya sebetulnya memiliki talenta balap yang luar biasa. Dan sadar atau tidak, Aprilia pun sebetulnya tengah dihadapkan pada situasi yang sama? mampukah mereka tetap tampil kompetitif dimusim depan, setelah hak konsesinya dicabut? Atau justru mengikuti jejak KTM yang lambat laun hilang dari perebutan podium? mari kita tunggu bersama di MotoGP 2023 mendatang.
Leave a Comment